Berita Situs

Discord, Platform Chat dan Video Conference Kekinian! - SPADA UMG

 
Picture of Zamy ADPB
Discord, Platform Chat dan Video Conference Kekinian! - SPADA UMG
by Zamy ADPB - Wednesday, 8 July 2020, 1:00 PM
 

discord.jpg?time=1594185617462

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan selamat beraktivitas, semuanya!

Kali ini admin akan memperkenalkan platform chat dan video conference kekinian yang bernama Discord! Biasanya teman-teman menggunakan Zoom sebagai aplikasi untuk menjalani kuliah daring untuk saat ini dan teman-teman tahu sendiri kelemahan dari Zoom dan sempat ada berita kalau beberapa akun Zoom diperjual belikan oleh Hacker yang tidak bertanggung jawab?! Waduh!! Tapi masih belum dikonfirmasi kebenarannya sih, jadi tidak usah panik. Oke langsung saja admin perkenalkan Discord, disimak baik-baik ya!!

Discord adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis dengan fitur VoIP, obrolan video dan fitur untuk mendukung permainan video seperti integrasi dengan Twitch.tv dan Steam. Discord ditujukan terutama untuk pemain, pembuat konten, pengembang, dan penjual permainan video.

Berdasarkan fungsi dasarnya, Discord sangat berguna bagi para user untuk saling terhubung melalui chatting, voice call, video call, dan lainnya.

Fitur-fiturnya apa saja nih, min?!

Lintas Platform

Ingin tetap terhubung dengan teman-teman ketika bermain game di platform yang berbeda? Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC ataupun Mobile. Kamu bisa mencari Discord di App Store, Play Store, atau mengunduhnya langsung untuk perangkat komputer kamu melalui tautan discordapp.com.

Keamanan Informasi Yang Terjamin

Discord bisa menjamin keamanan setiap akun yang sudah mendaftarkan dirinya. Server yang dimiliki oleh aplikasi ini sudah dienkripsi. Sehingga setiap pesan yang masuk dari IP masing-masing perangkat akan terjamin keamanannya.

Voice Chat

Fitur ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Discord mempunyai banyak pengguna di dunia. Aplikasi ini  memiliki sistemnya sendiri untuk melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU sehingga smartphone tidak perlu bekerja lebih berat dari biasanya.

Memiliki Jutaan Pengguna

Discord memiliki pengguna aktif yang cukup banyak jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Pengguna yang menggunakan aplikasi perpesanan khusus game ini hingga Mei 2019 tercatat sudah mencapai 56 juta pengguna setiap bulannya. Pesan yang silih berganti di dalam aplikasi ini juga mempunyai angka yang cukup mencengangkan, yaitu 850 juta pesan dalam sehari.

 

Jadi pada dasarnya, Discord adalah aplikasi yang dikhususkan untuk para gamer yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi ketika memainkan game, tapi kita juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan daring. Fitur yang dapat kita gunakan saat daring adalah fitur Share Screen, tetapi hanya tersedia untuk aplikasi pada platform Windows saja. Jadi untuk melakukan kegiatan perkuliahan, Discord dapat menjadi aplikasi yang dapat menunjang kegiatan kuliah daring dosen-dosen dengan fitur Share Screen tadi. Kelebihan dari Share Screen discord adalah, pengguna tidak dibatasi waktu kapan berakhirnya penggunaan fitur tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan Discord?!

 

Gresik, 8 Juli 2020

Admin SPADA

 

 

Muhammad Zamzamy, S.Kom.

Picture of Raafi' Yanuar Purnama Arifian
Re: Discord, Platform Chat dan Video Conference Kekinian! - SPADA UMG
by Raafi' Yanuar Purnama Arifian - Tuesday, 8 September 2020, 7:05 PM
 

Tertarik